Minggu, 01 April 2012

Bermutu tidak sama dengan sukses loochh.. kalo Al-Mizan itu termasuk organisasi yang sukses, tp apakah juga bermutu.????

Cekikoootttttt.....

Indikator suatu organisasi yang bermutu menurut kelompok 1 yaitu :
  1. Berkualitas tinggi
  2. Mampu berinovasi
  3. Kreatif
  4. Dapat menyelaraskan antara kansep dan aplikasi

Konsep (Indikator) organisasi yang bermutu menurut TQM yaitu :
  1. Top Management Commitment
-          Pemimpin managemen yang berkomitmen, dam mempunyai inisiatif dan perencanaan yang matang dalam mengelola organisasinya.
  1. Focus On Customer
-          Fokus pada pelanggan, mampu memuaskan pelanggan dan mengetahui kebutuhan pelanggan.
  1. Face Based Decision Making
-          Dalam pengambilan keputusan harus yang fakta, maksudnya membuat keputusan berdasarkan fakta yang beralasan dalam menangani masalah yang bervariasi.
  1. Focus On Processes
-          Fokus terhadap proses, maksudnya fokus terhadap tujuan yaitu memuaskan pelanggan, dan dapat menerima keluhan dari pelanggan.
  1. Continuous Improvement
-          Perbaikan yang terus menerus. Suatu organisasi harus selalu meningkatkan kualitas produk dan proses harus selalu lebih baik. Kebaikan yang terus menerus juga mengarahkan kepada kepuasan terhadap pelanggan.
  1. Everybody’s Commitment


-          Komitmen dari semua anggota. Semua anggota harus terlibat dalam organisasi dan harus berkomitmen, mendidik dan melatih anggoat agar selalu fokus terhadap visi, misi, tujuan, dan strategi.


"Kemarin saya mewawancarai Mas Mahbub, personil senior yang mempunyai banyak pengalaman selama menjadi anggota Al-Mizan. Dibawah ini beberapa tanggapan yang disampaikan beliau dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kita :
  • Pemimpin yang berkomitmen
Pastinya, semua ketua umum dalam organisasi ini harus berkomitmen, karena dalam memilih seorang ketua umum, dilakukan secara ketat, dan seleksi yang panjang. Al-mizan memilih seorang pemimpin yang cakap, bijaksana, bertanggungjawab, dan mampu mengemban amanah.
  • Fokus terhadap anggota
Mengenai fokusnya al-Mizan terhadap anggotanya itu sudah pasti iya. Selain kepada anggotanya, Al-Mizan juga pasti fokus terhadap penikmat Al-mizan sendiri (audiens ), karena tanpa mereka juga Al-Mizan bukan apa-apa. Al-Mizan menginginkan organisasinya berkembang, dan organisasi yang berkembang haruslah fokus terhadap anggotanya, audiens maupun terhadap visi dan misinya.
  • Empiris yaitu terbukti di lapangan
Setiap pengambilan keputusan dilakukan secara musyawarah, misalnya saja dalam menentukan kegiatan seperti Maulid Nabi SAW, Al-Mizan melakukan musyawarah terlebih dahulu, dan memilih waktu yang tepat yang tidak mengganggu waktu kuliah dsb.
  • Fokus terhadap proses
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, selain harus fokus terhadap anggota, audiens, juga visi misinya. Selalu ingin memberikan yang terbaik untuk semua yang sudah mendukung.
  • Perbaikan yang terus-menerus
Organisasi mana yang tidak ingin berkembang.? Semua organisasi pasti mengingnkan selalu berkembang secara baik pastinya. Begitu pun juga Al-Mizan, yang selalu ingin menjadi yag terbaik, maka harus adanya perbaikan terus menerus.
  • Komitmen dari semua anggota
Kalau mengenai komitmen dari semua anggotanya, di Al-mizan untuk anggota baru lebih banyak yang kurang komitmennya, mereka mungkin masih labil dalam pemahaman tentang Al-mizan itu sendiri. Namun, untuk yang sudah senior sebagian besar mereka menjunjung komitmenya.
Dari penjelasan diatas, dapat saya simpulkan bahwa Al-mizan termasuk organisasi yang bermutu loh... hal ini dapat saya simpulkan sesuai dengan pemaparan yang disampaikan oleh Mas Mahbub...


Trima Kasih Mas Mahbub...




Sedikit saya paparkan mengenai orang-orang yang berada dibalik berdirinya Al-Mizan, yang sekarang sudah sukses dalam meniti karir pekerjaan mereka, diantaranya :
  1. Gus Afidz (Krapyak) => beberapa kali rekaman
  2. Yazid Al-Bustomi => Sekarang bekerja di Mk, dan menjadi motivator Seniman Basic Shalawat
  3. Robert juga salah satu pendiri Al-mizan, yang mendirikan toko kaligrafi di lante 4 kopma.
  4. Kaligrafi di Masjid UIN juga dibuat oleh salah satu alumni Al-Mizan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar