Jumat, 13 Januari 2012

PENGANTAR STUDY ISLAM


Dosen pengampu : Muhammad Qowim, M.Ag

     Pengantar Study Islam merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Di Fakultas Tarbiyah, khususnya jurusan Kependidikan Islam, mata kuliah Pengantar Study Islam mempunyai bobot 4 SKS, yang diampu oleh dosen yang menurut saya berintelektual tinggi, bersahaja, humoris dan sangat etnis, yaitu bapak Muhammad Qowim, M.Ag. Beliau sangat menjunjung tinggi kebudayaan Indonesia, saya sangat terkagum dengan jiwa etnis beliau. 

     Saya, sebagai mahasiswa jurusan Kependidikan Islam tahun angkatan 2011, Fakultas UIN Sunan Kalijaga sangat bahagia dan bersyukur dapat dibimbing dan memperoleh ilmu tentang studi Islam dari Bapak Qowim. Karena saya memperoleh banyak pengalaman dan terutama ilmu yang bermanfaat dari mata kuliah Pengantas Study Islam yang dibimbing oleh bapak Qowim. Beliau dalam menyampaikan materi sangat lugas, cerdas, dan menyenagkan (fun), jadi mahasiswa mudah dan enjoy dalam menerima materi yang disampaikan Bapak Qowim.
     Mata kuliah Pengantar Study Islam merupakan mata kuliah yang awam bagi saya, karena baru pertama kalinya saya mendapatkan ilmu atau pelajaran ini. Banyak sekali ilmu maupun pengalaman yang saya dapatkan selama kurang lebih 4 bulan dalam mempelajari studi Islam. Dari mata kuliah ini pun, saya dan teman-teman lainnya belajar melakukan penelitian, yang baru-baru ini kita kerjakan yaitu meneliti fakultas mana di UIN Sunan Kalijaga yang masyarakatnya paling Islami, melalui pendekatan-pendekatan dan isu-isu yang sudah dipelajari sebelumnya. Dan penelitian ini merupakan penelitian yang baru pertama kali saya lakukan. Ya, walaupun hasilnya tidak memuaskan menurut dosen pembimbing (bapak Qowim), banyak sekali kesalahan yang kita lakukan dalam melakukan penelitian ini, namun setidaknya saya dan teman-teman sudah berusaha. Beliau sangat memberikan apresiasi terhadap jerih payah kita dalam melakukan penelitian. Beliau juga memahami kendala-kendala kita selama kita melakukan penelitian, salah satunya karena kita belum diberikan mata kuliah tentang Metode Penelitian. Dan kita sangat bersyukur dengan tugas penelitian ini, karena dari tugas inilah kita dapat berlatih melakukan penelitian dan kita juga tidak hanya mengenal seluk-beluk Fakultas Tarbiyah saja melainkan dapat mengenal dan mengetahui seluk-beluk fakultas-fakultas lain di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

     Untuk selanjutnya, saya pribadi mengucapakan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya atas bimbingan, motivasi dan ilmu yang diberikan Bapak Qowim. Saya juga tidak akan berhenti sampai disini saja dalam mempelajari studi Islam dan mempelajari etnis atau kebudayaan Indonesia, saya harus dapat mengembangkannya lagi. Dan terus belajar dari kehidupan Bapak Qowim, yang sangat menjunjung tinggi kebudayaan Indonesia. Semoga kita dapat mengambil manfaat dari apa yang sudah kita dapatkan dari mata kuliah Pengantar Study Islam.

Dalam blog ini, saya juga sedikit menjelaskan tentang pendekatan-pendekatan dan isu-isu dalam melakukan penelitian yang sudah dijelaskan diatas. ^^

1 komentar: